Coba - Angan

Sering kita dengar ucapan " jangan banyak mengkhayal nanti stress". Ada juga lirik lagu dangdut persis seperti itu. Benar atau salah, terbukti atau ptidak ? Persisnya belum tahu.

Tapi Albert Einstein berkhayal alias berimajinasi itu penting. Kata Einstein imajinasi itu lebih penting dari ilmu pengetahuan. Percaya ? Antara ya atau tidak. Mari kita analisa dengan pendekatan imajinasi.


Imajinasi yang dibantu dengan pertanyaan. Sebab kata Einstein "pertanyaan adalah kunci ilmu pengetahuan". Dari mana ilmu pengetahuan itu ? Melalui penelitian. Apa yang diteliti ? Solusi atas suatu masalah atau ingin dapat hal baru. Mengapa diteliti ? Karena rasa ingin tahu. Sumber ingin tahu ? pikiran.

Mungkin titik temunya disini. Berpikir adalah berimajinasi. Sehingga muncul kesimpulan imajinasi itu lebih penting dari ilmu pengetahuan. Karena ilmu tak akan ada tanpa melalui proses berpikir.

Tapi buah pikiran sulit dipercaya jika tidak terbukti. Baru sebatas ide. Supaya berguna maka ide ini harus menjadi karya. Caranya coba - salah - coba - salah sampai benar. Simpulnya, ilmu itu harus melalui percobaan berulang kali. Ini sudah terbukti dengan apa yang dilakukan oleh Thomas Alfa Edison yang menemukan lampu pijar dengan penelitian 5000 kali.



Komentar

Postingan populer dari blog ini