Implementasi Nilai Pancasila ?

Pancasila adalah dasar Negara Indonesia. Nilai - nilai Pancasila ini digali dari budaya bangsa.  Harapan Pemerintah semua masyarakat mempraktekkan nilai - nilai Pancasila.

Pancasila itu sejauh ini hanya dipahami sebagai dasar Negara. Akan tetapi belum dipraktekkan dalam kehidupan sehari - hari. Contoh sederhana tokoh tokoh bangsa ini harusnya menjadi teladan buat rakyat. Tokoh - tokoh yang sudah paham dengan Pancasila saja tidak memperlihatkan perilaku yang baik.

Lihat saja berapa kader Partai Politik yang jadi pesakitan. Padahal mereka di kader melalui Parpol. Parpol sendiri adalah pilar demokrasi. Mereka yang membuat peraturan di bangsa ini.  Namun, sayang gagal memberikan contoh yang baik kepada rakyat.

Penerapan nilai - nilai Pancasila dalam keseharian kita harus melalui keteladanan dari tokoh elit bangsa. Pancasila bisa jadi hanya sebatas slogan saja, tapi tidak diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sudah waktunya kita mulai mempraktekkan nilai - nilai Pancasila.

Komentar

Postingan populer dari blog ini